Transkrip Rekaman Blackbox Adam Air: Roy Suryo bilang yang beredar di internet asli

8 08 2008

sumber : http://panca.wordpress.com/

Roy Suryo yang difitnah sebagai pakar telematika menyatakan bahwa rekaman percakapan pilot dan copilot pesawat Ada mAir sebelum jatuh di Perairan Mejene,Sulawesi Barat, 1 Januari 2007 lalu adalah asli.
Ketty (istri copilot) menyatakan hal itu melalui telpon ke ponsel Roy kemaren malam.

Roy meyakini keaslian suara itu dan menyatakan bisa mengusut siapa black-angle yang mengupload ke internet. Roy Suryo meyakini, rekaman yang beredar di internet itu tidak direkayasa.”Dari instrumen, atmosfer, dan jarak instrumen tampaknya tidak ada rekayasa.

Saya yakin ini asli, tapi didapatkan secara ilegal dan disiarkan lewat internet. Saya tidak berani janji kapan, tapi suatu saat saya ungkap, saya sedang mengumpulkan bukti-bukti bahwa itu adalah suara copilot yoga” katanya.

Roy Suryo kemarin memerdengarkan suara rekaman yang dipermasalahkan itu. Terdengar percakapan pilot dan copilot dan suasana mencekam pada semenit terakhir, ditandai dengan suara alarm over speed sensor dan teriakan Allahu Akbar berulang kali sebelum akhirnya hilang.

Roy mengungkap ada tiga kemungkinan di balik penyebaran rekaman VCR di kokpit AdamAir itu, yaitu keluarga, teman, atau maskapaiyang tidak rela pilot dan copilot dipersalahkan seperti dalam laporan yang dirilis KNKT. Kedua, ada persiangan bisnis perusahaan pesawat Boeing dan Air Bus.

“Terakhir, mungkin ada pihak yang ingin menjatuhkan citra penerbangan di Indonesia. Rekaman itu kan tidak boleh beredar luas,” kata Roy
yang menggelar jumpa pers di Hotel Swarna Dwipa Palembang


Aksi

Information

One response

9 08 2008
elmo

serem juga ya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: