Tips Kuat Berpuasa

15 09 2008

Puasa merupakan hal yang wajib dilaksanakan oleh setiap umat islam yang masih hidup di bumi. Puasa di bulan Ramadhan terkadang cukup menyebalkan karena harus dikerjakan selama satu bulan penuh lamanya dan berturut-turut. Bagi yang hampir selalu bekerja seharian, akan cenderung lelah dan mungkin bisa kehilangan cairan. Berikut beberapa tips untuk tetap kuat dalam berpuasa :

1. Berpikir positif
Percayalah bahwa puasa yang sedang Anda jalankan akan memberikan sesuatu yang tidak ternilai harganya, bahkan jauh lebih berharga dari apapun, termasuk pahala di surga, apabila Anda melakukan puasa dengan ikhlas dan penuh semangat. Contohnya, dengan berpikir positif seperti, dengan puasa, Anda akan mendapatkan berkah yang berlimpah dari Allah, atau Anda akhirnya dapat mengendalikan diri Anda terhadap nafsu dan amarah, dan sebagainya. Dengan berpikir posistif, maka mental Anda pun akan terbangun dan kuat untuk menghadapi segala bentuk godaaan dalam hidup.

2. Usahakan untuk tetap ‘dingin’
Tidak hanya pikiran yang butuh ‘cooling down’, namun tubuh Anda juga. Tubuh yang kekeringan, cenderung akan membutuhkan cairan yang banyak. Untuk itu, selain minum air yang banyak saat sahur, maka jalan lainnya adalah dengan AC. Berada di ruang ber-AC, baik di rumah, kantor ataupun di mall dapat mengurangi rasa kering di sekujur tubuh. Hal ini dikarenakan suhu yang rendah dapat mengurangi keluar atau penguapan cairan tubuh, sehingga membuat Anda dapat cukup bertahan lama ketika sedang berpuasa.

3. Habiskan waktu dengan hal yang berguna
Jika Anda mungkin merasa tidak kuat lagi, maka Anda dapat melakukan hal lain atau hobi Anda yang bisa membuat Anda lupa waktu. Mungkin Anda dapat memikirkan aktivitas apa saja yang bisa membuat Anda ‘terlelap’ dalam kesibukan, tentunya selain pekerjaan kantor. Bila kegiatan atau hobi tersebut halal dan berguna untuk Anda lakukan, maka Anda tidak perlu ragu untuk melakukannya. Contohnya, membaca buku, bermain musik, chatting melalui computer, menelepon pacar, menonton TV, berolahraga, tidur, ngeblog, atau mungkin sekedar mengobrol dengan teman. Namun, yang terpenting tidak melupakan kegiatan shalat dan buka puasa.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: